Tuesday, April 13, 2010

UAS TIBA, BANJIR BELUM JUGA SURUT








Setelah sebulan lebih banjir melanda wilayah Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, belum ada tanda-tanda bencana ini akan segera berakhir. Memang ketinggian permukaan air sudah menurun, namun itu belum cukup membantu warga masyarakat wilayah tersebut untuk dapat memulai aktifitas rutin mereka dengan normal.

Demikian juga dengan para siswa sekolah-sekolah di wilayah tersebut. Mereka tetap harus mengalami kesulitan untuk mencapai sekolah karena jalan-jalan masih terendam banjir. Khususnya para Siswa-siswi SMP Negeri 1 Sebangau Kuala yang sedang mengikuti Ujian Sekolah. Sebagaimana halnya dengan saat mengikuti Ujian Nasional kemarin, mereka juga harus mengikuti Ujian Sekolah dalam suasana banjir. Apalagi sebagian siswa berasal dari luar desa di mana lokasi SMP berada, mereka harus mengeluarkan biaya untuk transportasi yang tidak sedikit untuk kemampuan kebanyakan orang tua murid.

Untuk meringankan beban dan mengantisipasi kesulitan para siswa, pihak sekolah menyarankan mereka untuk menginap di sekolah selama Ujian Nasional dan Ujian Sekolah berlangsung. Namun hanya sedikit siswa yang bersedia. Mereka ditemani beberapa orang guru untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Para Guru juga mengalami kesulitan yang sama untuk mengakses lokasi sekolah, karena kendaraan bermotor sama sekali tidak dapat digunakan di daerah tersebut. Itu juga yang menjadi alasan beberapa orang guru untuk menginap sementara di sekolah sampai banjir ini surut.

No comments:

Post a Comment

Mengenal Program Pendidikan Guru Penggerak

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019-2024 salah satu visi Pemerintah Republik Indonesia berfokus pada pen...